Mengatasi Kejenuhan Menulis Tesis

tips-mengatasi-kejenuhan-menulis-tesis
Tips Mengatasi Kejenuhan Menulis Tesis - Jasa Pembuatan Tesis Jakarta. Mengerjakan dan mengikuti proses dalam penulisan tesis sangat dibutuhkan ketekunan dan pantang menyerah dari penulis.

Melihat struktur penulisan tesis, kita tahu bahwa proses dan waktu yang dibutuhkan penyelesaian tesis akan memakan waktu yang lama.

Baca: Tips Menulis Judul Tesis

Kejenuhan adalah suatu hal yang bisa terjadi datang dan sangat memungkinkan penulis mengulur waktu untuk melanjutkan proses penulisannya bahkan terjadi penundaan proses kelulusan.
Kejenuhan terjadi bisa karena sudah tidak ada ide lagi atau bisa juga karena menemui beberapa kesulitan dalam menulis tesis.

Untuk itu, perhatikan beberapa tips di bawah ini untuk menghindari kejenuhan saat menulis tesis dan kita akan menemukan kembali semangat baru untuk memulai mengerjakan tesis kembali.  

Menata Ulang Ruang Kerja
Setelah sekian lama mengerjakan tesis, tentu kita akan mendapati ruang kerja atau meja kerja penuh dengan tumpukan buku maupun kertas, bahkan alat tulis. Karena kesibukan menulis tesis, seringkali banyak di antara kita yang akhirnya malas merapikannya karena super sibuk sehingga beralasan tidak ada waktu.

Baca: Jenuh Menulis Tesis, Ini Dia Solusinya

Padahal, ruang kerja atau meja kerja yang rapi, bersih, bahkan dibuat menarik secara langsung akan membuat kita semangat memulai membuka laptop atau duduk membaca buku referensi kita. Pikiranpun akan menjadi jernih melihat ruang kerja maupun meja kerja yang tertata dan dibuat menarik. Berhentilah sejenak, berikan waktu membereskan ruang kerja atau meja kerja kita.  

Mencari Teman untuk Sharing dan Berdiskusi
Kesulitan-kesulitan yang kita temui dalam penulisan tesis dapat menimbulkan kejenuhan. Untuk itu, penting bagi kita memiliki teman untuk sharing dan berdiskusi tentang hambatan-hambatan yang ditemui.

Simak juga: Contoh Tesis Manajemen

Teman yang kita ajak berdiskusi tentunya teman yang sedang mengerjakan tesis juga maupun yang sudah pernah menyelesaikan tesis. Kita dapat saling berbagi pengalaman dan lewat berdiskusi kita bisa mendapatkan ide-ide baru bahkan solusi untuk menyelesaikan kesulitan tersebut.  

Berkunjung ke Perpustakaan dan Toko Buku
Hal lain yang membuat kita jenuh adalah kurang referensi untuk mendukung penulisan tesis kita. Banyak sekali informasi yang dapat kita temukan ketika kita datang ke perpustakaan.
Kita dapat mengunjungi beberapa perpustakan dan toko buku, hitung-hitung kita juga bisa sambil jalan-jalan.

Simak juga: Cara Membuat Penulisan Tesis

Perpustakaan yang kita tuju tidak harus melulu yang berada di kampus kita namun juga bisa ke perputakaan kampus lain. Kita juga dapat mendapatkan suasana baru di perpustakaan kampus lain ataupun toko buku tersebut dan siapa tahu kita menemukan referensi yang kita butuhkan yang tidak kita temukan sebelumnya.  

Refreshing ke Tempat Wisata
Kita juga dapat melakukan perjalanan ke tempat wisata dan refreshing di sana untuk membuang kejenuhan kita. Kita bisa mengajak teman, saudara, dan keluarga untuk menikmati suasana baru selain ruangan kerja kita!

Baca juga: Jasa Pembuatan Tesis Murah

Jangan Lupa untuk Berdoa
Berdoa membantu kita untuk tetap tenang dan memperoleh kekuatan baru untuk menyelesaikan setiap kesulitan kita. Bagaimanapun, kita harus tetap berdoa agar Tuhan juga memudahkan segala proses pembuatan tesis kita.

Demikian 5 tips yang bisa kita lakukan agar kita bisa menemukan kembali semangat dan dapat mengatasi kejenuhan. Kiranya tips ini bermanfaat untuk kita dan kita semangat terus menyelesaikan tesis kita.

Jika anda mengalami kejenuhan dalam menulis tesis dan tidak dapat mengatasinya, silahkan anda hubungi Jasa Bimbingan Pembuatan Tesis: GP Research ke nomor 021-22420698 - 081285170003 - 087877244450 atau 085105211415