Bougenville Tower Lt 20 GB, Green Pramuka City
Jalan Jendral Ahmad Yani Kav 49, Jakarta 10570
Telepon : 021-22420698 - 081285170003
WhatsApp: 087877244450
Home » , » Apa Itu Tesis?

Apa Itu Tesis?

apa-itu-tesis
APA ITU TESIS? Ditulis oleh: Era Yustika . Setelah menyelesaikan studi S1, banyak orang menginginkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu memperoleh gelar magister (S2).

Untuk memperoleh gelar S2, seseorang harus melakukan tugas akhir yang disebut sebagai TESIS. Tesis ini secara struktur penulisan mirip dengan skripsi.

Jadi apa sebenarnya tesis itu? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini.

PENGERTIAN TESIS

Tesis merupakan karya ilmiah yang menyatakan suatu pengetahuan yang baru dengan cara melakukan penelitian atau pengujian terhadap suatu hipotesa.

Hipotesa adalah suatu praduga awal suatu penelitian yang akan diuji kebenarannya agar setelah itu kita mendapat suatu kesimpulan apakah suatu hipotesa tersebut benar atau tidak. Tesis ditulis untuk memperoleh gelar magister di jenjang pendidikan S2 (Strata 2).

Baca: Sekilas Tentang Tesis

TESIS dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam meneliti dengan bimbingan yang minimal dari dosen. Skripsi menjawab pertanyaan mengenai apa, sementara tesis menjawab pertanyaan apa dan mengapa.

Baca juga: Tips Membuat Judul Tesis

Contohnya, pada skripsi menjawab pertanyaan apa pengaruh metode pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Sementara pada tesis juga akan menjawab pertanyaan mengapa metode pembelajaran mempengaruhi motivasi belajar?

TUJUAN PEMBUATAN TESIS

Selain untuk memperoleh gelar magister di program S2, TESIS juga ditulis untuk menjelaskan fenomena suatu ilmu pengetahuan secara menyeluruh dan untuk merumuskan suatu hipotesis berdasarkan teori yang sudah ada dan membuktikan kebenaran hipotesis tersebut.

Seorang mahasiswa S2 harus dapat membuat suatu sintesis yang baru maupun suatu penerapan yang sudah ada dan melaporkan secara tertulis. Selain itu, lewat penulisan tesis, seorang mahasiswa S2 dapat menunjukkan kemampuannya dalam melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pada suatu bidang tertentu. Seorang mahasiswa dituntut kemandiriannya dalam melakukan penelitian dengan sedikit bimbingan dosen pembimbing.

Baca: Jasa Pembuatan Tesis

CIRI-CIRI TESIS
Ciri-ciri TESIS yang membedakannya dengan skripsi adalah sebagai berikut:
  1. Pembahasan tesis terfokus pada salah satu isu sentral yang mencakup satu disiplin ilmu yang ditempuh oleh mahasiswa
  2. Menggunakan data primer sebagai data utama. Data primer merupakan data yang diperoleh langsung dari sumber asli atau berasal dari sumbernya langsung seperti dari hasil observasi, wawancara, maupun angket.
    Sementara data sekunder hanya sebagai penunjang. Data sekunder merupakan data yang diperoleh secara tidak langsung melalui media perantara oleh seorang peneliti. Misalnya catatan, data, atau laporan dari peneliti lain yang dipublikasikan maupun tidak dan tersusun dalam suatu arsip
  3. Kajian yang mendalam dan berfokus pada suatu penemuan baru pada suatu bidang ilmu
  4. Variabel penelitian bisa lebih dari dua dan dapat juga dikatakan lebih banyak dibandingkan variabel penelitian skripsi yang hanya 1 atau 2 variabel penelitian.
  5. Diangkat dari pengalaman empirik dan dipaparkan secara deskriptif dan analitis.


STRUKTUR TESIS

Struktur penulisan tesis menggunakan struktur umum penulisan karya tulis ilmiah yang terdiri dari bagian awal, isi, dan akhir. Pada bagian awal berisi sampul luar, sampul dalam, persetujuan pembimbing, pengesahan tim penguji, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan lampiran.

Bagian inti terdiri dari bab 1 pendahuluan, bab 2 landasan teori, bab 3 metode penelitian, bab 4 hasil penelitian, bab 5 pembahasan dan bab 6 penutup. Sedangkan bagian akhir tesis terdiri dari daftar pustaka dan daftar lampiran.

Nah, sudah tahu kan pengertian dan ciri-ciri tesis? Jika anda masih mengalami kesulitan dalam membuat tesis, silahkan anda hubungi Jasa Bimbingan Pembuatan Tesis: GP Research ke nomor 021-22420698 - 081285170003 - 087877244450 atau 085105211415


Paling Banyak Dibaca

  • ()