Bougenville Tower Lt 20 GB, Green Pramuka City
Jalan Jendral Ahmad Yani Kav 49, Jakarta 10570
Telepon : 021-22420698 - 081285170003
087877244450 - 085105211415
Home » , » Apa itu Skripsi?

Apa itu Skripsi?

Apa Itu Skripsi - Jasa Pembuatan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Skripsi biasanya ditulis oleh mahasiswa untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar sarjana di jenjang strata 1 (S1) dan ditulis berdasarkan kaidah penulisan yang disepakati oleh masyarakat keilmuan. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah pendapat dari hasil penelitian atau percobaan yang dilakukan penulis berdasarkan teori yang ditulis oleh ahli-ahli.
Baca: Cara Membuat Makalah
Pendapat tersebut didukung dari data empiris-objektif yang diperoleh dari observasi lapangan, penelitian di laboratorium, maupun studi kepustakaan.Penulisan skripsi akan menggambarkan pengetahuan dan keterampilan penulis dalam memahami, menganalisis, dan menjelaskan masalah yang sesuai dengan bidang keilmuan yang diambilnya.

Dalam penulisan skripsi, mahasiswa akan dibimbing oleh satu atau dua orang dosen pembimbing di perguruan tinggi mahasiswa tersebut mengambil studi. Proses penyusunan skripsi secara umum adalah pengajuan judul skripsi.
Baca juga: Tips Membuat Judul Skripsi
Setelah itu, pengajuan proposal skripsi yang berisi:
  • Bab 1 Pendahuluan
    (Baca: Contoh Kata Pengantar Skripsi)
  • Bab 2 Landasan Teori, dan
  • Bab 3 Metode Penelitian. Setelah pengajuan proposal disetujui, maka mahasiswa akan melakukan sidang proposal skripsi.
Setelah dinyatakan lulus, maka mahasiswa akan melanjutkan penelitiannya dan kemudian menuliskan hasil penelitiannya pada bab 4 dan kesimpulan di bab 5 dan disertai lampiran dan daftar pustaka. Setiap tahapan bab, mahasiswa selalu melakukan diskusi dengan dosen pembimbing.
Baca juga: Lebih Baik Jasa Bimbingan Tesis Dari Pada Dibuatkan
Proses bimbingan pun biasanya masuk di dalam kriteria penilaian. Setelah seluruh bab dalam karya ilmiah selesai, maka mahasiswa akan mempresentasikan hasil skripsinya di depan Dosen Penguji. Presentasi ini sering disebut Sidang Tugas Akhir.

Setelah dinyatakan lulus sidang, mahasiswa akan melakukan proses revisi sesuai masukan Dosen Penguji untuk menyempurnakan karya tulisnya.
Baca juga: Tips Membuat Makalah Yang Benar
Ciri-ciri skripsi yang perlu diperhatikan mahasiswa adalah sebagai berikut:
  1. Menggunakan bahasa baku
    Dalam menulis skripsi, mahasiswa tidak dapat menggunakan bahasa yang santai seperti digunakan dalam pergaulan sehari hari namun menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia.
  2. Struktur yang sistematis
    Skripsi memiliki struktur penulisan yang biasanya setiap perguruan tinggi memiliki aturan bakunya. Seperti yang dijelaskan di atas, secara umum skripsi memiliki 5 bab dan disertai daftar pustaka serta lampiran.
  3. Ilmiah
    Dalam menulis skripsi, mahasisha tidak boleh memberikan pendapat secara subjektif namun harus secara imiah yaitu dapat dibuktikan kebenarannya berdasarkan data dan fakta yang objektif.
Baca juga: Cara Membuat Makalah Terbaru
Dalam menulis skripsi, penulis harus memiliki beberapa sikap seperti:

Sikap Ingin Tahu
Dalam menulis skripsi, seorang mahasiswa perlu membiasakan diri menggunakan alat inderanya untuk menyelidiki sebuah permasalahan. Dengan adanya sikap ingin tahu, maka mahasiswa akan menunjukkan semangat dan kesungguhan dalam melakukan penelitian karena mahasiswa tersebut menginginkan jawaban dari permasalahan yang ada.

Sikap Kritis
Sikap kritis menjadikan seseorang tidak mudah menerima kesimpulan tanpa data dan bukti yang akurat. Dalam menulis skripsi, data dan fakta yang objektif merupakan hal yang mutlak untuk mendukung sebuah kesimpulan.

Seorang yang memiliki sikap kritis akan bersedia mengubah pendapatnya berdasarkan fakta dan data yang akurat. Tanpa sikap kritis, maka seorang mahasiswa bukan tak mungkin jika melakukan kesalahan dalam membuat kesimpulan.

Sikap Menghargai Karya Orang Lain
Seorang mahasiswa akan selalu menyebutkan sumber ketika ia menggunakan teori atau karya orang lain dalam penyusunan skripsinya. Mahasiswa yang menghargai orang lain tidak akan mengakui dan memandang karya orang lain sebagai karyanya. Penggunaan teori dan sumber lain akan dicantumkan secara langsung dalam paragraf pembahasan maupun dituliskan dalam bagian Daftar Pustaka.

Sikap Ketekunan
Mahasiswa yang mudah menyerah dalam penulisan skripsi akan menemui kesulitan untuk meyelesaikan karyanya. Dalam menulis skripsi sangat dibutuhkan sikap tekun dan pantang menyerah karena banyak hal detail yang harus dikerjakan dalam penulisan skripsi.

Demikian penjelasan secara umum mengenai apa itu skripsi. Sudah mengenal dan memahami tentang skripsi, bukan?

Jika anda masih mengalami kesulitan dalam menyusun skripsi, silahkan anda hubungi Jasa Bimbingan Pembuatan Skripsi: GP Research Consulting di  nomor 021-22420698 - 081285170003 - 087877244450 atau 085105211415

Ditulis oleh: Era Yustika


Paling Banyak Dibaca

  • ()