Bougenville Tower Lt 20 GB, Green Pramuka City
Jalan Jendral Ahmad Yani Kav 49, Jakarta 10570
Telepon : 021-22420698 - 081285170003
087877244450 - 085105211415
Home » , » Kesulitan Dalam Menulis Tesis

Kesulitan Dalam Menulis Tesis

kesulitan-dalam-menulis-tesis
Dalam proses menulis tesis, tentu akan ditemui kendala-kendala dalam penulisan tesis. Kita perlu mengenali kendala tersebut agar kita bisa waspada dan cepat-cepat mengatasi kendala tersebut jika sudah mulai datang.

Jadi apa saja kendala penulisan tesis?
  1. Kurang mengetahui cara menulis karya ilmiah
    Jika kita belum banyak pengalaman dalam menulis karya ilmiah tentunya kita akan mengalami kesulitan dalam menulis tesis. Bisa saja pengalaman kita hanya saat menulis skripsi.

    Tentu hal ini akan menjadi kendala bagi penulisan tesis karena tesis memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi daripada menulis skripsi. Untuk itu, kita bisa mempelajari tesis lebih baik lagi dengan berdiskusi dengan teman yang lebih berpengalaman maupun juga membaca buku panduan menulis tesis.
  2. Baca: Tips Menulis Karya Ilmiah
  3. Kurangnya membaca literatur
    Menulis tesis akan mengalami kendala jika kita tidak membaca literatur. Membaca merupakan input bagi seseorang untuk menjadi output, yaitu menulis. Tanpa membaca maka seseorang akan mengalami kesulitan dalam menulis. Untuk itu, kita harus memiliki waktu rutin membaca literatur yang relevan dengan tema tesis kita.

  4. Baca: Contoh Tesis Pendidikan
  5. Kurangnya literatur yang memadai
    Sering membaca literatur secara rutin ternyata tidak cukup. Literatur yang dibaca juga harus memadai. Jika kita mengetahui bahwa bahan bacaan kita kurang memadai, segeralah mencari literatur yang memadai.

    Kita bisa mencarinya di perpustakaan kampus sendiri maupun kampus lain, toko buku, membeli secara online, membaca jurnal internasional secara online berbayar maupun tidak, maupun bertukar literatur dengan teman atau dosen yang memilikinya.

  6. Tidak mengecek ulang tulisan
    Tidak mengecek ulang tulisan sebelum dikumpulkan ke dosen pembimbing akan menjadi suatu kendala bagi mahasiswa. Seringkali akan ditemukan banyak kesalahan pengetikan, kutipan literatur yang tidak bersesuaian dengan isi yang sedang dibahas, maupun mengandung banyak kalimat yang tidak efektif.

    Hal ini tentu akan mengakibatkan kita mengulang tulisan kita maupun merevisi tulisan kita. Hal ini akan memakan waktu yang lama lagi. Untuk itu, sebelum dikumpulkan, kita harus membaca ulang dan mengecek kembali tulisan kita atau kita bisa juga meminta bantuan teman untuk membaca tulisan kita.

  7. Terjebak dalam melakukan plagiarism
    Dalam menulis tesis, kita seringkali akan mendapat masalah melakukan plagiasi karena ketidaktahuan kita cara mengutip sumber dari literatur. Seringkali kita mengambil kalimat yang sama persis dengan karya orang lain di tesis kita tanpa menyebutkan kredit ataupun sumbernya.

    Tentu tindakan plagiarism ini tindakan yang salah dan bahkan kita bisa dinyatakan gagal lulus. Sekarang ini, banyak aplikasi online untuk mengecek keaslian tulisan, untuk itu kita harus menjunjung tinggi kealisan ide yang akan kita tulis. Selain itu, kita juga harus mempelajari cara mengutip kalimat orang lain sehingga kita tidak menemui kesulitan dalam penulisan tesis maupun terjebak pada plagiarism.

Nah, sudah tahu kan apa saja kendala dalam penulisan tesis. Jika anda sudah berupaya menemukan solusinya namun masih juga mengalami kesulitan dalam menulis tesis, silahkan anda hubungi Jasa Bimbingan Pembuatan Tesis: GP Research ke nomor 021-22420698 - 081285170003 - 087877244450 atau 085105211415


Paling Banyak Dibaca

  • ()